X-Steel - Move
Slide # 1

Perangkat Keras dan Fungsinya

Sistem komputer terdiri dari 5 jenis perangkat keras yaitu perangkat keras input, perangkat keras proses, perangkat keras output, perangkat keras penyimpanan, dan perangkat keras kelistrikan Read More

Slide # 2

Algoritma dan Pemrograman

Ahli sejarah matematika menemukan asal kata Alforitma berasal dari nama penulis buku Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Read More

Software

Software

Perangkat lunak atau biasa disebut software adalah sekumpulan data elektronik yang sengaja disimpan dan diatur oleh komputer berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan sebuah perintah Read More

Minggu, 29 Desember 2019

Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau biasa disebut software adalah sekumpulan data elektronik yang sengaja disimpan dan diatur oleh komputer berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan sebuah perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan oleh user untuk diteruskan dan diproses oleh perangkat keras. Dengan adanya perangkat lunak inilah sebuah komputer mampu menjalankan perintah.

Fungsi Perangkat Lunak

Ada beberapa fungsi perangkat lunak, yaitu:

1. Sebagai pemroses data ataupun perintah dan juga instruksi sehingga memperoleh hasil yang diinginkan ataupun menjalankan sebuah perintah;
2. Sebagai sarana interaksi yang menghubungkan user dengan sebuah perangkat keras (hardware).


Jenis - Jenis Software

Sebuah perangkat lunak, pada umumnya terbagi menjadi tiga Jenis software, yaitu:

1. Sistem Operasi (Operating System)




Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi mengelola sumber daya perangkat keras dan melayani aplikasi agar berjalan dengan baik. Contohnya sistem operasi Microsoft Windows, Linux, Mac OS, Unix, Solaris, Android, Endless, Novel, dan sebaginya.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Bahasa Pemrograman adalah instruksi-instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi.  Ada banyak sekali macam bahasa pemograman, seperti bahasa C, C++, Visual Basic, Pascal, Borland Delphi, HTML, PHP, JAVA, dan lain-lain. 

3. Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak yang diciptakan manusia untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan yang spesifik. 
Contoh software aplikasi :
1. Google chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet)
2. Mozila firefox (fungsinya untuk masuk ke jaringan online).
3. Microsoft office word (fungsinya untuk mengedit atau mengetik sebuah dokumen).
4. Microsoft office powerpoint (fungsinya untuk membuat suatu presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain).
6. Microsoft excell (fungsinya kurang lebih sama dengan microsoft word untuk membuat atau mengedit sebuah dokumen).
7. Format factory (fungsinya untuk mengubah format pada foto, video atau musik/lagu).
8. VCL media player (fungsinya untuk memutar video/film).
9. AIMP3 (fungsinya untuk memutar musik/lagu).
10. Faststone capture (fungsinya untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar).
11. Recyle bin (fungsinya untuk melihat atau mengambil file yang sudah dihapus).
12. Coreldraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar).
13. Photoshop (fungsinya untuk mengedit foto/gambar).
14. Opera mini (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet).
15. Java (fungsinya untuk mencari aplikasi atau game).
16. Ccleaner (fungsinya untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu).


Berdasarkan jenis perolehannya, Perangkat Lunak dibedakan dikelompokkan menjadi :

1. Commercial Software (Perangkat Lunak Berbayar) adalah perangkat lunak atau program berlisensi yang dirancang dan dikembangkan untuk dijual kepada pengguna. Contohnya Microsoft Office, Karspersky, Microsoft Windows, MYOB Accounting, 

2. Freeware (Perangkat Lunak Gratis) adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa dengan batasan waktu. Freeware umumnya disumbangkan kepada komunitas-komunitas, namun memiliki hak sebagai pengembang dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya. Freeware akan memberikan source kode (kode sumbernya) jika pengembang aplikasi berhenti mengembang produk freeware kepada pengembang lain atau mengumumkan freeware tersebut bebas untuk dikembangkan secara bersama-sama.

Contoh : Photoscape, smadav, winamp, ccleane, OpenOffice.org Writer, tag scanner, zone alarm free firewall, irfanview, avira, opera.

3. Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperti ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.  Shareware merupakan perangkat lunak uji coba yang bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut dan sebagai strategi marketing pengembangan aplikasi Shareware. Shareware disebut juga dengan Trialware. Contoh: Winrar, idm, microsoft office, coral draw, style xp, nero, real player mtuner, splitter movie, winzip, mirc. Perangkat lunak uji coba dalam jangka waktu tertentu, contohnya aplikasi yang menyediakan free trial.

4. Firmware adalah perangkat lunak yang yang dibenamkan pada Read Only Memory atau flash memory.

5. Free Software adalah perangkat lunak yang disebarkan secara bebas dan gratis oleh para penciptanya.

6. Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka dan dimodifikasi serta dikembangkan oleh sebuah komunitas tertentu yang sudah expert.

7. Malware adalah perangkat lunak perusak sistem komputer yang terdiri dari virus, trojan horse, rootkit, cacing, spyware, adware, crimeware, dan perangkat lunak lain yang sifatnya jahat.

0 komentar:

Posting Komentar