X-Steel - Move
Slide # 1

Perangkat Keras dan Fungsinya

Sistem komputer terdiri dari 5 jenis perangkat keras yaitu perangkat keras input, perangkat keras proses, perangkat keras output, perangkat keras penyimpanan, dan perangkat keras kelistrikan Read More

Slide # 2

Algoritma dan Pemrograman

Ahli sejarah matematika menemukan asal kata Alforitma berasal dari nama penulis buku Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Read More

Software

Software

Perangkat lunak atau biasa disebut software adalah sekumpulan data elektronik yang sengaja disimpan dan diatur oleh komputer berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan sebuah perintah Read More

Minggu, 09 Februari 2020

Kolaborasi Masyarakat Digital

Kolaborasi adalah kerja sama yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama.

1.        Jenis Kolaborasi Berdasarkan Cara Pembentukan dan Tujuan Kolaborasi

a)        Kolaborasi Tim
Kolaborasi Tim adalah kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja dengan masing-masing anggota rim mempunyai tugas, batasan waktu, dan tujuan yang sudah dinyatakan secara jelas.
Contoh: Guru membentuk Tim kerja yang terdiri dari 5 anak dan diberikan tugas untuk mengembangkan program dalam bentuk game. Untuk menyelesaikan proyek tersebut, tim harus membagi tugas ke masing-masing anggota tim.
b)        Kolaborasi Komunitas
Kolaborasi komunitas adalah kolaborasi yang dilakukan karena adanya kesamaan minat dan ketertarikan dari anggota komunitas.
Contoh: Komunitas pengguna Linux menggembangkan software gratis.
c)         Kolaborasi Jaringan
Kolaborasi jaringan adalah kolaborasi yang dibangun karena adanya hubungan atau ikatan yang sudah dibangun terlebih dahulu. Jaringan tersebut dibangun berdasarkan berbagai ikatan tertentu, seperti hubungan kerja, sahabat, kolega, teman sekolah, keluarga atau kesamaan kepentingan.
Contoh: Organisasi seperti hotel, jasa transportasi, restoran, penyedia jasa aktivitas wisata dan biro perjalanan, membangun jaringan untuk membangun industri pariwisata setempat.

2.         Jenis Kolaborasi Berdasarkan Metode atau Perangkat

a    a)      Kolaborasi Sederhana
Kolaborasi sederhana dilakukan dalam bentuk dialog, pemberian pesan, dan memberikan umpan balik terhadap pekerjaan. Kolaborasi jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan media komunikasi, seperti aplikasi messenger, chatting dan video konferensi.

b   b)     Kolaborasi Dokumen
Kolaborasi dokumen adalah kolaborasi yang dilakukan untuk menghasilkan dokumen yang menjadi hasil dari kerja sama yang dilakukan.
Contoh: Kamu bekerja secara tim untuk menyelesaikan laporan praktikum IPA. Pada kolaborasi jenis ini akan dibutuhkan sharing dokumen antara anggota tim.
c    
      c)      Kolaborasi Struktur
Kolaborasi terstruktur mempunyai prosedur, aturan dan batasan yang harus diperhatikan oleh pihak-pihak yang terlibat.
Contoh: Kolaborasi antar pemasok (supplier), produsen, distributor, dan penjual (retailer). Masing – masing pihak terlibat dalam kolaborasi dengan aturan, prosedur dan batasan yang sudah disepakati.

3.        Teknologi Pendukung Kolaborasi
Beberapa teknologi yang tersedia untuk mendukung keperluan kolaborasi di era teknologi saat ini banyak perangkat lunak atau platform, diantaranya sebagi berikut.
a)      Aplikasi Rapat Online
Aplikasi rapat online adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan konferensi melalui jaringan internet.
Contoh: GoToMeeting, Skype, Google Hangouts, Facetime
b)      Aplikasi Pengirim Pesan
Saat ini banyak aplikasi pengiriman pesan yang dapat digunakan baik dari perangkat komputer personal maupun dari perangkat mobile. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan fitur artificial intellegence yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian dihistori yang tidak terbatas. Fitur ini juga memiliki kemampuan untuk memperkirakan jawaban pengguna sehingga akan mengurangi waktu yang digunakan untuk mengetik pesan.
Contoh: WhatsApp, Line, Chanty, Slack, dll
c)      Pengelola Email
Aplikasi pengelola email adalah aplikasi yang digunakan untuk menerima, membaca, mengirimkan, dan mengelola email.
Contoh: Mailbird, Hiri, Opera mail, mozilla Thunderbird, Microsoft outlook.
d)     Perangkat Lunak untuk Desain
Ketika bekerja dengan proyek desain, kita perlu berkolaborasi dengan kolega dalam satu tim ataupun dengan klien yang menjadi pelanggan kita. Untuk memudahkan pengerjaan proyek desain yang bersifat kolaborasi kita memerlukan perangkat lunak yang dapat mengakomodasi kolaborasi kerja.
Contoh: Invision, Mural, Concept Inbox, Cage, Viewflux, Zeplin, Preview, Red Pen, GoVisually, Logo maker, dan Fluid UI
e)      Perangkat Lunak Dokumen
Saat ini banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat dokumen dengan cara kolaborasi. Aplikasi tersebut pada umumnya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengedit dokumen secara real time, sharing dokumen dan fitur untuk bekerja secara kolaborasi.
Contoh: Google Docs, Office Online, Etherpad dan Zoho
f)       Berbagi file
Banyak aplikasi untuk berbagi file diantaranya: Google Drive, DropBox, OneDrive, HightTail, MediaFire dan SugarSyinc. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan fitur sinkronisasi online, artinya setiap perubahan yang dilakukan dikomputer kamu akan diikuti oleh perubahan dari dokumen yang disimpan di Cloud.
g)      Perangkat Lunak untuk Manajemen Proyek
Ketika bekerja dengan anggota tim, ada baiknya pimpinan proyek dapat mengetahui perkembangan setiap pekerjaan (task) yang dilakukan dan apa yang sedang dikerjakan oleh setiap anggota tim. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang dapat mengelola pekerjaan-pekerjaan yang ada dan anggota tim yang terlibat.
Contoh aplikasi untuk mengelola proyek: Asana, Podio, Trello, BaseCamp, ProofHub, Wrike, LiqidPlanner, WorkflowMaz, dan Zoho Projects.

4.        Kolaborasi dalam Industri
Ada banyak bentuk kolaborasi dalam industri, diantaranya sebagai berikut.
a     a)      Membuat Produk Baru
b     b)      Mengembangkan sistem
c     c)      Produk yang saling melengkapi
d     d)     Penelitian Bersama
e     e)      Membangun lingkungan Bisnis Bersama
f      f)       Penggunaan sumber Daya Bersama

5.        Kolaborasi dalam Dunia Pendidikan
a)      Berbagi sumber Daya
b)      Berbagi Tenaga Ahli
c)      Membangun Komunitas Ahli
d)     Kolaborasi Bidang Penelitian

6.        Kolaborasi Lembaga Pendidikan dengan Industri
a)      Rekrutmen Lulusan
b)      Pelatihan Kerja
c)      Jasa Konsultan
d)     Penelitian dan Pendanaannya

7.        Kolaborasi dalam bidang Penelitian
a)      Melakukan penelitian bersama
b)      Mendapatkan supervisi; yaitu satu peneliti lebih muda melakukan penelitian bersama peneliti ahli. Peneliti ahli memberikan supervisi kepada yang lebih muda
c)      Berbagi hasil penelitian
d)     Berbagi sumber daya; termasuk sumberdaya peralatan, dana, keahlian dsb

8.        Kolaborasi dalam bidang Pemasaran (marketing)
Dalam dunia pemasaran, beberapa merek seperti google, apple, Airbnb sudah memiliki nilai yang baik dimata masyarakat sehingga dengan melakukan collborative marketing menggunakan merek tersebut dapat memberikan efek yang baik bagi merek dari produk yang lain.
Beberapa contoh kolaborasi yang sudah berhasil, Airbnb dan perusahanaan penerbangan KLM, Apple dan Nike, Google dan KitKat.


Ekonomi Berbagi
Ekonomi berbagi atau dikenal juga dengan kolaborasi pemakaian (collaborative consumption) adalah konsep ekonomi yang memungkinkan seseorang untuk menyewa atau meminjam barang dari pihak lain dibandingkan membeli atau memiliki sendiri.
Di lain pihak, konsep ekonomi berbagi memungkinkan seseorang untuk mendapatkan penghasilan dari aset-aset yang tidak digunakan secara penuh. Aset yang dimaksud di antaranya barang-barang seperti mobil, rumah atau produk peralatan, mainan dan pakaian.
Contoh perusahaan yang paling sukses mengusung konsep ekonomi berbagi adalah Airbnb dan taksi online (Uber, Grab, dan Gojek di Indonesia)

File bisa DIUNDUH DISINI

3 komentar: