X-Steel - Move
Slide # 1

Perangkat Keras dan Fungsinya

Sistem komputer terdiri dari 5 jenis perangkat keras yaitu perangkat keras input, perangkat keras proses, perangkat keras output, perangkat keras penyimpanan, dan perangkat keras kelistrikan Read More

Slide # 2

Algoritma dan Pemrograman

Ahli sejarah matematika menemukan asal kata Alforitma berasal dari nama penulis buku Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Read More

Software

Software

Perangkat lunak atau biasa disebut software adalah sekumpulan data elektronik yang sengaja disimpan dan diatur oleh komputer berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan sebuah perintah Read More

Selasa, 07 November 2023

Aktivitas JKI-K8-02: Jalur Routing

 

Aktivitas ini bertujuan melatih peserta didik untuk memahami cara kerja pengiriman data pada jaringan komputer melalui proses routing.

Apa Yang Kalian Perlukan?
  1. Komputer/Laptop.
  2. Web Browser (Google Chrome/Firefox/Microsoft Edge).
  3. Diagram Online (https://draw.io).
Routing Pada Jaringan Komputer

Routing pada jaringan komputer merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Pada sebuah router, biasanya, terdapat sebuah tabel routing atau lebih yang menyimpan informasi jalur routing yang akan dilalui ketika ada pengiriman data yang melewati router dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jadi intinya, proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat. Untuk dapat melakukan proses routing, harus lebih dahulu diketahui alamat tujuan perangkat, alamat asal perangkat, dan rute terbaik. Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat  dilalui.

Gambar diatas memberikan gambaran untuk lebih memahami tentang routing. Misalnya, kita ingin mengirim data dari komputer 1 ke komputer 2. Jika diperhatikan, setidaknya ada 2 jalur yang dapat dilalui untuk mengirim data, yaitu jalur dengan garis warna hijau dan garis warna merah.

Dari

Tujuan

Perangkat Yang Dilalui

Komputer 1

Komputer 2

Komputer 1 → Router A → Router B → Komputer 2

Komputer 1

Komputer 2

Komputer 1 → Router A → Router C  → Router B → Komputer 2

Dari 2 jalur routing diatas, dapat diketahui bahwa jalur dengan warna hijau adalah jalur terpendek sehingga menjadi rute terbaik yang digunakan. Sedangkan jalur dengan warna merah adalah jalur alternatif apabila jalur router A ke router B mengalami kerusakan.

Tantangan
  1. Buatlah desain jaringan komputer seperti gambar berikut menggunakan diagram online (https://draw.io).
  2. Tentukan jalur routing dengan mengubah warna garis/edge menjadi kuning untuk jalur yang mengalami kerusakan dan ubah warna edge menjadi hijau untuk jalur terpendek yang digunakan. Kemudian screenshot hasilnya 1-per-1 menggunakan snipping tools dan sisipkan ke aplikasi Word.

    No

    Dari

    Tujuan

    Jalur Yang Rusak

    1

    Komputer 1

    Komputer 2

    Router A ke Router B

    2

    Komputer 1

    Komputer 3

    Router D ke Router E

    3

    Komputer 1

    Komputer 4

    Router A ke Router D

    Router C ke Router E

    4

    Komputer 2

    Komputer 3

    Router B ke Router D

    5

    Komputer 2`

    Komputer 4

    Router D ke Router E

 

0 komentar:

Posting Komentar