Beranda

Kamis, 28 Agustus 2025

Mengenal Variable

 

1. Pengertian Variabel

  • Variabel adalah wadah atau tempat penyimpanan data sementara dalam program.

  • Di Scratch, variabel digunakan untuk menyimpan angka, teks, atau nilai yang dapat berubah-ubah selama program berjalan.

2. Fungsi Variabel dalam Scratch

  • Menyimpan nilai skor (contoh: skor permainan).

  • Menyimpan waktu (contoh: timer hitung mundur).

  • Menyimpan jumlah nyawa atau kesempatan.

  • Menyimpan data sementara untuk perhitungan atau pengulangan.

3. Membuat Variabel di Scratch

  1. Pilih menu Variabel di bagian blok.

  2. Klik Buat Variabel Baru.

  3. Beri nama variabel sesuai kebutuhan (contoh: skor, waktu, nyawa).

  4. Tentukan apakah variabel untuk semua sprite atau hanya untuk sprite tertentu.

4. Blok-Blok Variabel di Scratch

  • Set [variabel] to [nilai] → memberi nilai awal.

  • Change [variabel] by [angka] → menambah/mengurangi nilai.

  • Show variable [variabel] → menampilkan variabel di layar.

  • Hide variable [variabel] → menyembunyikan variabel dari layar.

  • [variabel] → memanggil nilai variabel saat digunakan dalam perhitungan atau kondisi.

5. Contoh Penggunaan Variabel

  • Permainan Tembak Balon: variabel skor bertambah setiap kali balon terkena tembakan.

  • Quiz Interaktif: variabel jumlah_benar bertambah jika jawaban benar.

  • Stopwatch: variabel waktu berkurang setiap detik.

6. Kesimpulan

  • Variabel adalah salah satu konsep penting dalam pemrograman Scratch.

  • Dengan variabel, program bisa menjadi lebih interaktif, dinamis, dan fleksibel.


Membuat Game Sederhana

Langkah-langkah:
2. Hapus sprite kucing, tambahkan 2 sprite baru yaitu Apple dan Bowl
3 Ganti backdrop

4. Buat VARIABEL dengan nama SCORE ==> Variables --> make a variable --> SCORE-->OK

5. Klik sprite APPLE, kemudian tambahkan kode berikut:
6. Coba jalankan... apa yang terjadi?
7. Klik sprite BOWL, kemudian tambahkan kode berikut:
8. Kembali klik sprite APPLE, kemudian tambahkan kode berikut:
9. Jalankan program!


Tugas:

1. Tambahkan sprite BANANA, buat program yang sama dengan sprite APPLE
2 Tambahkan sprite ROCKS (batu), modifikasi program dengan ketentuan: Jika Rocks menyentuh Bowl maka nilai nya akan berkurang 1.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Variabel 2 - Game Burung

 Pada pertemuan kali ini, kita akan membuat game burung menghalau rintangan. Langkah-langkah nya sebagai berikut: 1. Buka  https://scratch.m...