Beranda

Kamis, 21 November 2024

Membuat Game "Berinternet dengan Aman"

 Game ini dibuat menggunakan aplikasi Scratch.

Tugas:

1. Tulis ulang blok kode 

2. Modifikasi pertanyaan. Kalian bisa menambahkan pertanyaan dengan bantuan AI

3. Tuliskan Algoritma menggunakan flowchart

Rabu, 08 November 2023

Aktivitas JKI-K8-02: Jalur Routing

 

Aktivitas ini bertujuan melatih peserta didik untuk memahami cara kerja pengiriman data pada jaringan komputer melalui proses routing.

Apa Yang Kalian Perlukan?
  1. Komputer/Laptop.
  2. Web Browser (Google Chrome/Firefox/Microsoft Edge).
  3. Diagram Online (https://draw.io).
Routing Pada Jaringan Komputer

Aktivitas JKI-K8-01: Desain Jaringan Komputer

 

Aktivitas ini bertujuan melatih peserta didik untuk membuat desain bentuk konfigurasi jaringan komputer berdasarkan bentuk abstraksi jaringan komputer.

Apa Yang Kalian Perlukan?
  1. Komputer/Laptop.
  2. Web Browser (Google Chrome/Firefox/Microsoft Edge).
  3. Diagram Online (https://draw.io).
Jaringan Komputer

Ada dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer, yaitu node dan linkNode adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya

Selasa, 31 Oktober 2023

Aktivitas SK-K8-03: Rangkaian Gerbang Logika

 

Aktivitas SK-K8-03: Rangkaian Gerbang Logika

Aktivitas ini bertujuan melatih peserta didik untuk memahami mekanisme internal pemrosesan data pada unit pengolahan logika dan aritmetika.

Apa Yang Kalian Perlukan?
  1. Komputer/Laptop.
  2. Web Browser (Google Chrome/Firefox/Microsoft Edge).
  3. Simulator Gerbang Logika (https://logic.ly/demo/).
Menentukan Output berdasarkan Rangkaian Gerbang Logika

Pada pertemuan sebelumnya, kalian telah belajar tentang tujuh jenis gerbang logika, yaitu AND, OR, NOT, XOR, NOR, NAND, dan XNOR. Pada pertemuan ini kalian akan menentukan nilai output dari sebuah rangkaian gerbang logika.

Contoh rangkaian gerbang logika:

Rangkaian tersebut memiliki output yaitu:

Y = (A AND B) OR C

Mengapa bisa demikian?

  • Pada output “X”, karena A dan terhubung melalui gerbang AND, maka nilai X adalah
    X = A AND B.
  • Pada output “Y”, karena X dan C terhubung melalui gerbang OR, maka nilai Y adalah
    Y = X OR C.
  • Dikarenakan nilai adalah X = A AND B, maka nilai Y menjadi Y = (A AND B) OR C.
Tantangan:

Tentukan nilai output dari rangkaian gerbang logika dibawah ini:

 

Membuat Rangkaian Gerbang Logika berdasarkan Nilai Output

Setelah kalain mampu menentukan output berdasarkan rangkaian gerbang logika, maka selanjutnya kalian akan membuat rangkaian gerbang logika berdasarkan nilai output.

Contoh:

Buatlah rangkaian gerbang logika berdasarkan output berikut: A OR (B AND C)!

  • Seperti pada matematika, (B AND C) dikerjakan terlebih dahulu, nilai (B AND C) dapat diterjemahkan: B dan C terhubung melalui gerbang logika AND, sehingga rangkaiannya menjadi.
  • Setelah rangkaian (B AND C) sudah diketahui, maka selanjutnya nilai A OR (B AND C) dapat diterjemahkan: A dan (B AND C) terhubung melalui gerbang logika OR, sehingga rangkaiannya menjadi:
Tantangan:

Buatlah rangkaian gerbang logika dan TABEL KEBENARANNYA seperti tantangan sebelumnya berdasarkan abstraksi berikut:

  1. (A OR B) AND C
  2. (A AND B) OR (C AND D)
  3. ((A OR B) AND C) OR D

Variabel 2 - Game Burung

 Pada pertemuan kali ini, kita akan membuat game burung menghalau rintangan. Langkah-langkah nya sebagai berikut: 1. Buka  https://scratch.m...